Sosiologi sebagai Opsional untuk Silabus UPSC

Silabus opsional untuk ujian IAS UPSC mencakup bagian dengan nilai 250 dalam sosiologi, dengan total 500 poin. Sebagai petugas IAS perlu berurusan dengan berbagai aspek masyarakat, sosiologi sebagai topik opsional di UPSC Induk populer di kalangan calon.

Makalah I Sosiologi Opsional untuk Silabus UPSC

Makalah-II silabus opsional UPSC untuk sosiologi

Sosiologi untuk UPSC memiliki banyak tumpang tindih dengan Studi Umum. Oleh karena itu, calon IAS harus belajar untuk kedua ujian pada waktu yang sama. Ujian Sosiologi UPSC dapat dipecahkan dengan memecahkan lebih banyak pertanyaan dari kertas soal UPSC tahun sebelumnya dan melakukan tes tiruan. Siswa dapat melihat tren tahun lalu untuk memahami pelatihan opsional sosiologi untuk tingkat keberhasilan UPSC dalam ujian UPSC.

Opsional untuk Strategi Sosiologi UPSC

Di antara calon UPSC, seri tes sosiologi adalah pilihan elektif yang populer. Topik ini menjadi hit dengan kandidat dari sains dan humaniora. Mata pelajaran ini juga dianggap sangat bermanfaat, terutama jika persiapan dan strategi yang tepat digunakan.

Pro dan Kontra Sosiologi sebagai Opsi

Mengambil sosiologi sebagai alternatif dalam tes UPSC memiliki banyak keuntungan. Ada pro dan kontra untuk mengejar pilihan sosiologi pada ujian IAS. Di bagian ini, kita akan membahas keduanya. Pembinaan opsional sosiologi online sangat dibutuhkan untuk ujian.

Keuntungan Opsional Sosiologi

Silabus opsional Sosiologi singkat dan mata pelajaran penilaian: Sosiologi adalah mata pelajaran yang populer karena dianggap sebagai mata pelajaran penilaian. Selain itu, tingkat keberhasilannya tinggi. Kandidat dapat menyelesaikan kursus dalam empat bulan jika mereka bekerja keras.

Tidak perlu konteks: Kandidat dari latar belakang akademis apa pun dapat memilih dan mempelajari sosiologi opsional. Kandidat diharapkan memiliki pemahaman dasar tentang beberapa ide kunci dalam sosiologi. Keluarga, agama, dan konsep dasar lainnya sering disebut dalam publikasi harian.

Belajar sosiologi tidak diwajibkan untuk Ujian Utama Pegawai Negeri Sipil.

Memilih Subjek Induk Pilihan Kedua

Dalam skema besar, memutuskan topik opsional untuk Ujian Induk adalah langkah strategis yang harus dilakukan setiap kandidat.

Ketertarikan umum pada topik. Memiliki akses ke bimbingan profesional untuk cakupan silabus yang tepat waktu (sekitar 4-5 bulan).

Informasi Sosiologi sebagai mata kuliah pilihan

Menurut pola sebelumnya, Sosiologi telah menjadi mata pelajaran yang populer di kalangan siswa selama beberapa tahun, dengan rata-rata lebih dari 1600 siswa mengikuti Ujian Induk setiap tahun selama lima tahun terakhir atau lebih. (Data bersumber dari laporan tahunan Union Public Services Commission dari tahun-tahun sebelumnya.) Dalam beberapa tahun terakhir, banyak lulusan sepuluh besar dan seratus teratas telah memasukkan siswa yang mengambil Sosiologi sebagai pilihan.

Putuskan setelah melakukan hanya beberapa pemeriksaan. Sosiologi Tergantung pada minat umum kandidat dan tingkat kenyamanan dengan subjek.

Peran Sosiologi dalam Ujian PNS

Masing-masing dari dua makalah dalam Sosiologi memiliki silabus 10-bab. Topik silabus yang paling penting dapat dibagi ke dalam kategori berikut:

Bidang sosiologi. Arus pemikiran sosiologis yang tidak boleh diabaikan. Institusi masyarakat.

Masalah dan solusi sosial adalah fokus dari Makalah 2, kursus Sosiologi India.

Mendekati

Berikut ini adalah gambaran umum tentang bagaimana mempersiapkan diri untuk Sosiologi:

Pengetahuan tentang dasar-dasar pemikiran klasik. Pengetahuan tentang perkembangan baru di lapangan. Pengamatan sosiologis peristiwa terkini dengan mata kritis.

Konsep-konsep, baik yang konvensional maupun yang baru, dan kejadian-kejadian terkini, harus diasimilasi.

Keberhasilan dalam kursus Sosiologi opsional tergantung pada pemahaman menyeluruh tentang silabus kursus.

Demi kejelasan, penting untuk digarisbawahi bahwa tidak ada ‘satu buku’ yang mencakup keseluruhan kursus. Selain itu, dunia yang terglobalisasi dan saling terhubung saat ini sedang mengalami perubahan yang cepat karena kemajuan teknologi yang sangat pesat.

Periksa Diri Anda: Setelah berhasil mempersiapkan Opsional, kandidat dapat mengikuti tes berkala untuk melihat apakah persiapan mereka sesuai dengan standar ujian.

Author: Wallace Cole